Deprecated: sanitize_url is deprecated since version 2.8.0! Use esc_url_raw() instead. in /home/rawstudio/public_html/wp-includes/functions.php on line 5213

Ngobras 33: Diskusi Kertas Posisi Sepakat Di 14: Kesejahteraan Pekerja Industri Film Yang Terabaikan

“Sepakat Di 14” adalah judul dari kertas posisi yang baru saja dikeluarkan oleh SINDIKASI dan ICS untuk mengadvokasi pembatasan waktu kerja serta perlindungan hak-hak pekerja film dan sebagai upaya mewujudkan dunia kerja yang layak untuk pekerja di industri film.
Di balik iklan dan film yang kita saksikan ternyata banyak mengorbankan pekerja-pekerja yang terlibat dalam produksinya. Rata-rata jam kerja 16-20 jam dalam satu hari syuting, budaya overworking yang dinormalisasi bahkan oleh pekerjanya sendiri, kontrak kerja yang belum menjamin hak-hak normatifnya sebagai pekerja, dan terlebih jika pekerjanya adalah seorang perempuan rentan mengalami kekerasan dan pelecehan seksual di lokasi syuting.
Kemajuan yang begitu pesat pada industri film dengan keuntungan besar yang bisa diraup nyatanya sampai sekarang belum diimbangi dengan memerhatikan aspek ketenagakerjaannya, sehingga situasi dan kondisi pekerja film yang masih buruk belum juga mendapatkan tempat dan pemberi kerja mangkir memenuhi hak-hak pekerja film.

NGOBRAS #33 mengangkat tema “Diskusi Kertas Posisi Sepakat Di 14: Kesejahteraan Pekerja Industri Film Yang Terabaikan” yang akan disiarkan secara langsung di Facebook Perempuan Mahardhika pada hari Sabtu tanggal 16 April 2022 jam 16.00 WIB, dengan mengundang Ikhsan Rahajo dari SINDIKASI sekaligus penulis kertas posisi Sepakat Di 14 dan Milka Rosalina seorang pekerja industri film kita bisa menyaksikan secara langsung bagaimana situasi dan kondisi pekerja film.

(16/04)

Perempuan Mahardhika

Comments

wave
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Press ESC to close