Vandana Shiva

Vandana Shiva lahir pada tanggal 5 November 1952 di Dehra Dun, Uttaranchal [sekarang Uttarakhand], India). Shiva merupakan seorang fisikawan India dan aktivis sosial. Shiva mendirikan Yayasan Penelitian untuk Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kebijakan Sumber Daya Alam (RFSTN) yakni sebuah organisasi yang ditujukan untuk mengembangkan metode pertanian berkelanjutan, pada tahun 1982.

Vandana Shiva berdiri untuk banyak penduduk setempat yang tidak berpengalaman dalam berurusan dengan bisnis internasional dan lembaga pemerintah, menempatkan mereka pada risiko paternalisme. Lebih jauh, dia menekankan pentingnya perempuan dari perspektif ekologis, terutama dalam perjuangan memperjuangkan keanekaragaman hayati dan melawan “paten bio”. Shiva mengkritik bahwa revolusi industri mengurangi peran perempuan dan alam sebagai pemasok sumber daya manusia dan alam.

Saat ini, ia adalah salah satu aktivis terpenting untuk keanekaragaman hayati dan pertanian organik di seluruh dunia. Sebagai seorang kritikus globalisasi, ia memainkan peran sentral dalam perang melawan rekayasa genetika. Dia percaya bahwa kehidupan, dalam seluruh keanekaragaman dan perbedaannya harus dilindungi. Itulah sebabnya ia mendirikan “Navdanya” pada tahun 1991, sebuah gerakan nasional yang didedikasikan untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan bentuk kehidupan pluralistik.

Dia juga mendukung kampanye internasional melawan makanan yang dimodifikasi secara genetik. Pada tahun 1993 ia dianugerahi Hadiah Nobel Alternatif untuk pekerjaannya

Sumber: http://thefarmerandhisprince.com/index.php/derfilm-4/130-vandana-2 (diakses pada 10/7/2019 pukul 14.03).

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *