Sophia Magdalena Scholl

Sophia Magdalena Scholl (9 Mei 1921 – 22 Februari 1943)

Adalah seorang mahasiswa, perempuan muda Jerman dan aktivis politik anti-Nazi, yang aktif dalam kelompok perlawanan tanpa kekerasan White Rose pada era Nazi Jerman. Dia dihukum karena pengkhianatan tingkat tinggi setelah ditemukan mendistribusikan selebaran anti-perang di Universitas Munich bersama dengan saudara laki-lakinya, Hans. Akibatnya, dia dieksekusi dengan guillotine (pemenggal kepala). Sejak tahun 1970-an, kematian Scholl telah diperingati karena kerja perlawanan anti-Nazinya.

Sophia Scholl lahir pada 9 Mei 1921, putri Robert Scholl, walikota Forchtenberg. Keluarga itu tinggal di Ludwigsburg, Jerman dari musim panas 1930 hingga musim semi 1932, setelah itu mereka pindah ke Ulm dan akhirnya ke Munich di mana Sophie menghadiri sekolah menengah untuk anak perempuan. Pada usia dua belas tahun, ia diminta bergabung dengan Bund Deutscher M├Ądel (Liga Perempuan Muda Jerman) seperti sebagian besar perempuan muda pada saat itu, tetapi antusiasme awalnya secara bertahap memberi jalan untuk kritik yang kuat. Dia sadar akan pandangan politik yang berbeda dari ayahnya, teman-temannya, dan juga beberapa gurunya. Sikap politik telah menjadi kriteria penting dalam memilih teman-temannya. Penangkapan saudara-saudaranya dan teman-temannya pada tahun 1937 karena berpartisipasi dalam Gerakan Pemuda Jerman meninggalkan kesan yang kuat padanya. Setelah meninggalkan sekolah pada tahun 1940, Sophie menjadi guru taman kanak-kanak di Institut Frobel di Ulm-Soflingen. Dia telah memilih pekerjaan taman kanak-kanak ini berharap bahwa itu akan diakui sebagai layanan alternatif untuk ‘Reichsarbeitsdienst’ (National Labor Service / Layanan Buruh Nasional), prasyarat untuk diterima di Universitas. Namun hal ini merupakan kesalahan karena kebijakan mendiktekan bahwa dia harus melayani enam bulan layanan perang tambahan di Blumberg. Regimen Angkatan Kerja yang mirip militer yang membuatnya mengubah pandangannya tentang Sosialisme Nasional dan akhirnya mempraktikkan perlawanan pasif.

Antara Juni 1942 dan Februari 1943, ia dan kawan-kawannyamenyiapkan dan membagikan enam selebaran berbeda, di mana mereka menyerukan oposisi aktif rakyat Jerman terhadap penindasan Nazi dan tirani.

 

Sumber: http://www.holocaustresearchproject.org/revolt/scholl.html

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *