Silvia Federici

Silvia Federici lahir pada tahun 1942 di Parma, Italia. Ia merupakan seorang sarjana, guru, dan aktivis Italia-Amerika dari tradisi Marxis feminis otonom yang radikal. Federici tumbuh besar di Australia, pada tahun 1967 dia datang ke Australia untuk mengambil gelar PhD bidang filsafat di Universitas Buffalo. Ia pun mulai mengajar di Universitas Port Harcourt di Nigeria, dan merupakan rekan dari profesor yang kemudian menjabat sebagai Profesor bidang Filsafat Politik dan Studi Internasional di New Collage of Hofstra University.

Dia merupakan salah satu pendiri Kolektif Feminis Internasional, serta penyelenggara kampanye Upah untuk pekerjaan rumah (Kampanye Upah Internasional untuk Pekerjaan Rumah Tangga) yang merupakan gerakan sosial global feminis, yang tumbuh dari Kolektif Feminis Internasional di Italia pada tahun 1972 dan mengorganisir perlawanan dan debat publik tentang formasi sosial yang dihasilkan oleh kerja gender dan kerja reproduksi. Pada tahun 1973, ia mulai membangun Komite Upah Untuk Pekerjaan Rumah Tangga di Amerika Serikat. Pada tahun 1975 ia menerbitkan buku dengan judul Upah Untuk Pekerjaan Rumah Tangga buku yang paling sering dikaitkan dengan upah untuk gerakan Pekerja Rumah Tangga.

Selain itu, Karya Federici  yang paling terkenal ialah Caliban and the Witch: Woman, the Body, and Primitive Accumulation.  Yang mengisahkan adanya perburuan penyihir adalah upaya untuk mengambil alih tubuh perempuan untuk mengendalikan sumber tenaga kerja. Seperti perdagangan budak, perburuan penyihir menjadi sarana untuk mengontrol perempuan, sampai pada tingkat kriminalisasi otonomi reproduksi.

Di dalamnya juga, ia menentang klaim dari Karl Max bahwa akumulasi primitif adalah unsur utama yang diperlukan bagi kapitalisme. Sebaliknya, ia berpendapat bahwa akumulasi primitif adalah karakteristik fundamental dari kapitalisme itu sendiri, dan bahwa kapitalisme, untuk melanggengkan dirinya sendiri, membutuhkan pemasukan konstan dari kapital yang diambil alih. Federici menghubungkan pengambil-alihan ini dengan tenaga kerja perempuan yang tidak dibayar, baik yang terkait dengan reproduksi maupun yang lain, yang ia bungkus sebagai prasarat historis bagi kebangkitan ekonomi kapitalis yang didasarkan pada upah para buruh. Berhubungan dengan ini, ia menguraikan perjuangan historis untuk kepentingan bersama dan perjuangan untuk komunalisme. Dia menempatkan lembaga pemerkosaan dan pelacuran, pengadilan yang dianggap sesat, pembakaran dan penyiksaan di pusat penaklukkan perempuan secara metodis dan perampasan tenaga kerja mereka, hal ini terkait dengan pengambilalihan kolonial dan menyedikan kerangka kerja untuk memahami pekerjaan Dana Moneter Internasional, Bank Dunia dan lembaga perwakilan lainnya.

Federici pernah mengatakan sangat penting bagi semua kelompok perempuan untuk berorganisasi secara terpisah dari laki-laki. Kita tidak akan bisa mengembangkan pemahaman tentang bentuk-bentuk khusus penderitaan yang diderita perempuan dalam masyarakat kita jika kita tetap berada dalam organisasi campuran. Dengan mengorganisasi secara mandiri, kita menciptakan ruang di mana perempuan dapat berbicara, saling mendengar, saling menghargai pengalaman satu sama lain, dan menyadari bahwa apa yang dikatakan adalah penting. Otonomi memungkinkan perempuan menyuarakan suaranya sendiri.

 

Sumber:

https://bostonreview.net/print-issues-gender-sexuality/silviafederici

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Silvia_Federici

http://www.generation-online.org /p/pfederici.htm

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *