Olympe de Gouges

Olympe de Gouges , juga disebut Marie-Olympe de Gouges , dengan nama asli Marie Gouze , lahir 7 Mei 1748 di Montauban, Prancis dan meninggal pada tanggal 3 November 1793 di Paris. Beliau merupakan seorang reformator sosial Prancis dan penulis yang menantang konvensional pandangan tentang sejumlah hal terutama peran perempuan sebagai warga negara.

Olympe aktif dalam masalah politik dan mengambil isu-isu sosial yang berkisar perceraian , rumah sakit bersalin, dan hak-hak anak yatim dan ibu yang belum menikah serta menulis dengan produktif untuk membela ide-idenya. Pada 1791, ketika Revolusi Prancis berlanjut, dia menerbitkan pamflet Déclaration des droits de la femme et de la citoyenne (“Deklarasi Hak-Hak Perempuan dan Warga Negara” Perempuan) “sebagai balasan terhadap Deklarasi Hak-Hak Manusia dan Warga Negara [Laki-Laki] (Déclaration des Droits de l’Homme et du Citoyen), yang telah diadopsi dua tahun sebelumnya oleh Majelis Nasional . Dalam pamfletnya, dia menegaskan tidak hanya bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki, tetapi juga bahwa anak-anak yang lahir di luar pernikahan harus diperlakukan sama adilnya dengan anak-anak “yang sah” dalam masalah warisan.

“Warga negara laki-laki dan perempuan, sederajat di mata hukum, harus diakui secara setara untuk semua penghormatan, posisi, dan pekerjaan publik sesuai dengan kapasitas mereka dan tanpa perbedaan lain selain dari kebajikan dan bakat mereka.”
– Olympe de Gouges, The Rights of Woman

 

Sumber: : Kathleen Kuiper, “Olympe de Gouges”, https://www.britannica.com/biography/ Olympe-de-Gouges, (diakses pada 8 Juli 2019, pukul 13.37).

 

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *