Nawal El Saadawi

Nawal El Saadawi, perempuan kelahiran 27 Oktober 1931 di Kafr Tahlah, Mesir. Ia merupakan seorang dokter dan penulis berkebangsaan Mesir. Dikenal di seluruh dunia sebagai penulis novel dan pejuang hak-hak perempuan. Buku-bukunya menggambarkan keadaan kaum perempuan Mesir dan dunia Arab. Dilahirkan di sebuah desa bernama Kafr di tepi sungal Nil, ia memulai  praktik dokternya di daerah pedesaan, kemudian di berbagai rumah sakit di Kairo, dan terakhir menjadi Direktur Kesehatan Masyarakat Mesir.

Pada tahun 1972, karena terbit buku nonfiksinya yang pertama dengan judul Woman and Sex mengakibatkan ia dibebastugaskan dari jabatannya sebagai Direktur Kesehatan Masyarakat Mesir. Majalah Health yang didirikan dan dipimpinnya ditutup oleh pemerintah. Pada tahun 1981, Nawal dipenjara dan dibebaskan satu bulan setelah Presiden Anwar Sadat  terbunuh.

Pada tahun 1982, ia mendirikan dan memimpin Arab Women Solidarity Association, yang salah satu kegiatannya adalah menerbitkan majalah Noon (sejak 1989). Pada 1991 majalah Noon ditutup oleh pemerintah, diikuti dengan penutupan Arab Woman Solidarity Association (15 Juli 1991). Nawal kemudian mendirikan organisasi lain, yaitu Woman in Islam.

Nawal sangat produktif menulis buku tentang kedudukan, psikologi, dan seksualitas perempuan. Karya-karyanya pernah disensor di Mesir, Saudi Arabia, dan Libya kemudian terbit di Libanon. Nawal meraih berbagai hadiah sastra dan Supreme Council for Arts and Social Sciences, Mesir (1974) Franco-Arab Frienship Association, Paris (1982), dan Hadiah Sastra Gubran (1988).

 

Sumber:

nuansa.co/dari-kami/nawal-el-saadawi/

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *