Mary Wollstonecraft

Penulis dan intelektual feminis Mary Wollstonecraft lahir pada 27 April 1759, di London. Dibesarkan oleh ayah yang kasar, dia meninggalkan rumah dan mendedikasikan dirinya untuk kehidupan menulis. Saat bekerja sebagai penerjemah kepada Joseph Johnson, penerbit teks-teks radikal, dia menerbitkan karyanya yang paling terkenal, A Vindication of Rights of Woman.

Pada 1784, Mary, saudara perempuannya Eliza dan sahabatnya, Fanny, mendirikan sekolah di Newington Green. Dari pengalamannya mengajar, Wollstonecraft menulis pamflet Thoughts on the Education of Daughters (1787).

Dalam empat tahun, ia menerbitkan karyanya yang paling terkenal, A Vindication of Rights of Woman (1792). Dalam pekerjaan itu, ia jelas membenci gagasan yang berlaku bahwa perempuan adalah perhiasan rumah tangga yang tidak berdaya. Wollstonecraft menyatakan bahwa masyarakat menghasilkan “binatang buas rumah tangga yang lembut” dan kehidupan yang terbatas membuat perempuan frustrasi sehingga mengubah mereka menjadi tiran atas anak-anak dan pelayan mereka. Wollstonecraft berkata bahwa reformasi pendidikan merupakan kunci untuk memberi perempuan akses ke peluang pendidikan yang sama seperti laki-laki. Berbagai ide dalam bukunya benar-benar revolusioner pada saat itu dan menimbulkan kontroversi yang luar biasa. Wollstonecraft juga menulis Maria, atau Wrongs of Woman , yang menyatakan bahwa perempuan memiliki hasrat seksual yang kuat dan bahwa itu merendahkan dan tidak bermoral untuk berpura-pura sebaliknya.

“Jadikan perempuan makhluk yang rasional, dan warga bebas, dan mereka akan dengan cepat menjadi istri yang baik; yaitu, jika laki-laki tidak mengabaikan tugasnya sebagai suami dan ayah. ”

– Mary Wollstonecraft –

 

Sumber: : Editor Biography.com, “Mary Wollstonecraft Biography”, https://www. Biography.com/scholar/mary-wollstonecraft , (diakses pada 8 Juli 2019, pukul 14.25).

 

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *