Maria Mies

Housewifization atau peng-ibu-rumahtangga-an adalah salah satu istilah yang diperkenalkan oleh Maria Mies dalam bukunya “Partriarchy and Accumulation on a World Scale”. Melalui istilah tersebut Mies hendak menggali mekanisme eksploitasi dan penindasan yang secara langsung ditujukan kepada perempuan. Dengan mendefinisikan perempuan secara universal sebagai “ibu rumah tangga” dan bukan sebagai “pekerja” maka terbuka peluang besar untuk mendapatkan tenaga kerja murah dan juga mendapatkan kontrol politik dan ideologis atas perempuan / ibu rumah tangga.

Pengorganisasian kerja ibu rumah tangga (housewives) membuat perempuan terpisah dan terisolasi dari kesadaran bersama dan kaitannya dengan keseluruhan proses produksi. Cakrawala pengetahuan perempuan terbatasi hanya untuk keluarga.

Maria Mies (lahir pada 1931 di Prussia, Jerman) adalah seorang feminis yang mengarahkan perlawanannya pada sistem kapitalis-patriarki. Ia mengkombinasikan pemikiran feminis radikal dan feminis marxis untuk menganalisis asal usul patriarki dan praktiknya dalam akumulasi kapitalis. Mies banyak melakukan studi perempuan di India. Argumentasinya adalah bahwa perempuan, wilayah jajahan dan alam dieksploitasi dengan cara yang sama.

Pemikiran Mies membawa perlawanan yang lebih radikal pada sistem neoliberal dan gerakan anti-globalisasi yang berkembang di seluruh dunia.

Referensi :
http://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1478929916673772
https://en.wikipedia.org/wiki/Maria_Mies
Maria Mies, Patriarchy and Accumulation on a World Scale. London: Zed Books (1986)

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *