Judith Butler

Judith Pamela Butler atau yang  dikenal dengan Judith Butler lahir pada tanggal 24 Februari 1956 di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Butler merupakan seorang filsuf Amerika dan teoretisi gender yang karyanya berpengaruh pada filsafat politik, etika, queer, teori sastra dan bidang feminism gelombang ketiga.

Butler terkenal dengan buku-bukunya diantaranya ialah Gender Trouble: Feminism and Subversion of identity (1990) dan Bodies That Matter: On the Discursive Limits of Sex (1993), di mana ia menentang gagasan gender konvensional dan mengembangkan teorinya tentang performativitas gender.

Inti dari argumen Butler dalam Gender Trouble adalah bahwa koherensi kategori jenis kelamin, gender, dan seksualitas, misalnya gender maskulin dan hasrat heteroseksual (yang nampak alami) dibangun secara kultural melalui pengulangan gaya.

Karya Butler tentang gender, seksualitas, keberanian, feminism, tubuh, telah mengubah cara pandang di seluruh dunia untuk berpikir, berbicara, dan menulis tentang identitas, subjektivitas, kekuasaan dan politik.

(https://en.wikipedia.org/wiki/Judith_Butler)

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *