Josefina Fierro

“To fight for what was right and to treat everyone with dignity and respect”.

Josefina Fierro de Bright lahir pada tahun 1914 di Mexicali, Baja California dan meninggal pada bulan maret 1998. Josefina Fierro adalah seorang pemimpin Meksiko – Amerika yang tumbuh besar sebagai aktivis buruh di Amerika Serikat. Dia berjuang untuk membangun gerakan buruh yang membela hak-hak dasar buruh migran Meksiko. Dia adalah putri imigran yang melarikan diri dari revolusi di Meksiko untuk menetap di California. Pada 1938 ketika Fierro berusia 18 tahun, ia masuk ke Universitas California, Los Angeles, akan tetapi aktivisme atas nama komunitas Meksiko – Amerika mengambil sebagian besar waktu dan usahanya. Fierro de Bright menyerahkan studinya di UCLA untuk menjadi organisator.

Dia mulai memimpin boikot terhadap perusahaan-perusahaan yang melakukan bisnis di komunitas-komunitas Meksiko – Amerika tetapi tidak mempekerjakan pekerja Meksiko – Amerika. Kegiatan-kegiatan ini menarik perhatiannya dari kelompok Meksiko – Amerika El Congreso de Pueblos de Habla Española (kongres berbahasa Spanyol), yang dibentuk pada tahun 1938. El Congreso mengorganisir para migran Hispanik untuk membela hak-hak mereka.

Pada tahun 1939 para pemimpin El Congreso meminta Josefina Fierro de Bright untuk membantu mereka mendirikan cabang di Los Angeles yang mewakili upaya besar oleh generasi Meksiko – Amerika pada waktu itu, untuk membentuk gerakan kelas pekerja yang bertujuan untuk mengamankan hak-hak dasar bagi semua warga Meksiko. Kongres ini didirikan di Los Angeles pada tahun 1939, dan Josefina muda terpilih sebagai sekretaris nasional, posisi peringkat tertinggi kedua dalam organisasi.

Selama beberapa tahun berikutnya, ia dan rekan-rekannya memimpin gerakan hak-hak sipil berbasis luas untuk orang-orang Meksiko – Amerika dan orang-orang latin lainnya di California dan di Barat Daya. Seorang orator berapi-api yang dapat memikat hadirin, Josefina melakukan perjalanan ke seluruh California untuk berpartisipasi dalam berbagai demonstrasi dan kegiatan yang bertujuan untuk meruntuhkan tembok diskriminasi terhadap orang-orang Meksiko di perumahan, pekerjaan, pendidikan, dan tempat-tempat umum lainnya.

Ketika upaya Josefina untuk mengadvokasi orang-orang Meksiko-Amerika menarik lebih banyak perhatian, ia dicap sebagai “subversif komunis”. Pada 1948, setelah diburu oleh FBI dan takut ditangkap dan dideportasi, dia memutuskan untuk meninggalkan Amerika Serikat dan menuju ke Hermosillo, kota pelabuhan Meksiko di mana dia tinggal seumur hidupnya.

 

https://en.wikipedia.org/wiki/Josefina_Fierro_de_Bright Di akses pada tanggal 25 Januari 2019 Pukul 11.00https://oac.cdlib.org/findaid/ark:/13030/c8416wc2/ Di akses pada tanggal 25 Januari 2019 pukul 13.00

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *