Evelyn Reed

Evelyn Reed adalah Partisipan aktif dalam gerakan pembebasan perempuan tahun 1960-an dan 1970-an, Reed juga merupakan anggota pendiri Koalisi Aksi Aborsi Nasional Perempuan pada tahun 1971. Selama tahun-tahun ini dia berbicara dan berdebat tentang hak-hak perempuan di kota-kota di seluruh Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jepang, Irlandia, Inggris dan Perancis.

Terinspirasi oleh karya-karya tentang perempuan dan keluarga oleh Friedrich Engels dan Alexandra Kollontai , Reed adalah penulis banyak buku tentang feminisme Marxis, asal-usul penindasan perempuan dan perjuangan untuk emansipasi. Beberapa karya yang paling terkenal oleh Reed adalah: Problems of Women’s Liberation, Woman’s Evolution: From Matriarchal Clan to Patriarchal Family, Is Biology Woman’s Destiny?, and Cosmetics, Fashions, and the Exploitation of Women (dengan Joseph Hansen dan Mary-Alice Waters.) Dia dicalonkan sebagai kandidat Presiden Amerika Serikat untuk Partai Buruh Sosialis dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 1972 .

“Kesetaraan perempuan tidak akan dicapai dalam persekutuan dengan perempuan dari kelas musuh (borjuis), tetapi justru sebaliknya; dalam perjuangan melawan mereka sebagai bagian tak terpisahkan dari seluruh perjuangan kelas”. -Reed-

 

 

Sumber: https://www.revolvy.com/page/Evelyn-Reed (diakses pada 9/7/2019 pukul 13.56)

 

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *