Betty Friedan

Betty Friedan (4 Februari 1921 – 4 Februari 2006)

“The only way for a woman, as for man,to find herself, to know herself as a person, is by creative work of her own”

Betty Friedan yang lahir di Peoria, Ilinois, merupakan seorang seorang aktivis feminis Yahudi Amerika terkenal pada tahun 1960-an karena bukunya  yang berjudul The Feminine Mystique (1963), yang mengeksplorasi penyebabnya frustrasi perempuan modern dalam peran tradisional.

Buku ini dilatarbelakangi oleh keadaan pada tahun 1960-an, dimana diskriminasi pada pekerjaan dan sekolah masih terjadi disana-sini. Bahkan pemerintah federal sendiri menerima para pegawai di lingkungannya dengan melihat dan masih mempertimbangkan gender. Walaupun bidang-bidang pekerjaan seperti guru dan pustakawan sudah didominasi oleh wanita, namun posisi penting masih tetap dipegang oleh kaum lelaki. Kaum lelaki masih menganggap bahwa tugas dan tanggung jawab utama wanita adalah mengurus rumah tangga. Menurut kaum lelaki, kaum wanita belum bisa bertanggung jawab sepenuhnya bila berada di posisi atas, karena mereka mempunyai kendala-kendala tertentu seperti tidak dapat bekerja di malam hari atau hari libur, dan mereka juga akan absen bila anak-anak mereka sakit.

Adanya pendapat-pendapat yang memojokkan posisi mereka, menyebabkan kaum wanita bangkit kembali, terutama kaum radikal (sejak tahun 1920 gerakan wanita terbagi dua, yaitu gerakan wanita yang bersifat konservatif dan gerakan wanita yang bersifat radikal). Reaksi menentang kaum konservatif dipelopori oleh Betty Friedan. Friedan menyatakan bahwa tugas mengurus rumah tangga, merawat anak, dan mengurus suami adalah pekerjaan kasar dan membosankan. Sudah saatnya kaum wanita menggunakan talentanya dan berusaha untuk bekerja keras di luar rumah.

Pada Oktober 1966, Friedan membentuk sebuah organisasi yang bernama NOW (National Organization for Women). Tujuan dari NOW adalah menata ulang lembaga-lembaga seperti pengasuhan anak, pendidikan, perkawinan, keluarga, politik, ekonomi, dan lain-lain. Friedan juga menyatakan bahwa dari namanya yaitu organisasi untuk wanita mencerminkan bahwa kaum lelaki juga mempunyai hak sebagai anggota, serta dia juga menyatakan bahwa kaum wanita tidak bermaksud untuk merebut kekuasaan dari kaum lelaki, melainkan yang dituntut oleh kaum wanita adalah persamaan hak.

 

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Betty_Friedan

https://media.neliti.com/media/publications/22961-ID-emansipasi-wanita-amerika-dari-masa-ke-masa.pdf

https://www.britannica.com/biography/Betty-Friedan

https://www.nytimes.com/2013/01/27/magazine/the-feminine-mystique-at-50.html

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *