Bell Hooks

Gloria Jean Watkins atau yang disapa Bell Hooks lahir pada 25 September 1952. Hooks merupakan seorang intelektual, feminis, dan aktivis masyarakat Amerika. Hooks memusatkan perhatiannya pada kesalingterkaitan antara ras, kelas, dan gender. Umumnya melalui perspektif perempuan Afrika-Amerika dalam pendidikan, seni, sejarah, seksualitas, media massa, dan feminisme.

Dari tahun 1980-an Hooks sudah mengajar di beberapa perguruan tinggi termasuk Universitas Calivornia, Santa Cruz dan Universitas negeri San Fransisco. Karya besarnya nya yang pertama diterbitkan oleh South and Press (Boston) Ain’t I a Woman? : Black and Woman and Feminism, pada tahun 1981, yang dituliskan ketika masih menjadi mahasiswa S1. Beberapa saat setelah penerbitannya, buku ini mendapatkan pengakuan luas sebagai sumbangan penting bagi pemikiran feminis modern.

Ain’t I a Woman merupakan hasil penelitian dari sejarah dan dampak seksisme & rasisme terhadap kaum perempuan kulit hitam, serta perendahan yang  terjadi dan berakibat terhadap status perempuan kulit hitam, peranan media, sistem pendidikan, dan sistem-sistem supremasis kulit putih kapitalis yang patriarkhal dalam marjinalisasi kaum perempuan kulit hitam, serta penyingkiran, dan penyepelean kaum perempuan kulit hitam maupun ketidakpedulian terhadap masalah-masalah ras, kelas, gender, di dalam feminisme

(https://id.wikipedia.org/wiki/Bell_Hooks)

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *